Senin, 20 Mei 2013

Perawatan Komputer

Artikel Perawatan Komputer


Berbicara masalah Perawatan Komputer dapat digolongkan kedalam dua bagian yang terdiri dari hardware dan sofware. Dalam pemakaiannya seharusnya dilakukan perawatan komputer secara berkala baik pada CPU maupun monitor. Sebenarnya ada beberapa hal mendasar yang sering kita lupakan kaitannya dengan cara merawat komputer atau tips perawatan komputer atau PC, yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada komputer.

Kalau untuk manusia perawatan itu ada dua sisi yaitu rohani dan jasmani. Begitu juga dalam hal merawat komputer.. ada dua hal juga yang harus diperhatikan yaitu sisi software dan hardware.
  1. Pertama dari sudut hardware
  •  Buka casing PC kmudian Bersihkan debu yang ada di motherboard peripheral lainnya. Pembersihan bisa menggunakan sikat halus (kuas cat). Lakukan ini selama enam bulan sekali
  •  Untuk mengantisipasi mati listrik secara tiba-tiba, pakailah STAVOLT atau UPS.
  • Gunakan pendingin ruangan. Kalau nggak punya duit bisa memakai Sirip Pendingin dan dan Coolling Fan Ekstra 
  • Hindarkan komputermu dengan alat yang dapat memancarkan medan magnet. 
  • Matikan komputermu jika nggak dipakai, tapi jangan sampai komputermu nggak kepakai dalam waktu lama.
2.   Sedangkan dari Segi Software
  • Tidak sesuainya OS, Aplikasi dan volume data dengan spesifikasi Komputer yang digunakan. Sering menggunakan komputer untuk game-game kelas berat… wah2… kayak tinju saja. Menjalankan game pada PC akan banyak menghasilkan space-space Fragment dan file-file temporary yang memperlambat kinerja komputer. 
  • Virus. Adanya virus dapat menyebabkan lambatnya akses pada komputer dan rusaknya system atau data. Bahkan dalam kondisi ekstrim dapat menyebabkan komputer macet/hang. Kalau sudah macet tidak ada cara lain selain menekan tombol Restart pada CPU. Apabila ini sering terjadi otomatis CPU sering mati tanpa proses ShutDown yang berarti akan memperpendek umur komputer khususnya Harddisk. Biasanya virus ditularkan melalui Flashdisk dan Internet bagi PC yang sering terkoneksi Internet. Selain itu tips pemilihan anti virus yang kurang tepat juga dapat mempengaruhi kinerja komputer. 
  •  Lengkapi komputer dengan software antivirus gratis terbaik. Tapi mencegah lebih baik dari mengobati, maka dari pada itu untuk mencegah virus .
  • Defrag selalu harddiskmu. Supaya proses read maupun write jadi lebih ringan karena filenya berurutan. 
  • Setelah defrag juga akan lebih baik menggunakan Disk Cleanup. Dengam fasilitas default dari windows

    Sumber : http://www.it-artikel.com/2012/04/artikel-perawatan-komputer.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar